INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Administrasi Rumah Sakit (S1)

      Data dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2015 terdapat 2.421 rumah sakit, dan 9.717 puskesmas. Rumah Sakit dan Puskesmas tersebut membutuhkan tenaga profesional dalam pengelolaannya, sedangkan jumlah instansi pendidikan yang menyelenggarakan program studi Administrasi Rumah Sakit khususnya S1 hanya 5 di seluruh Indonesia dan  satu satunya di Bali  Melihat data dan peluang tersebut di atas, maka kebutuhan pelayanan kesehatan dalam bidang administrasi rumah sakit di masa yang akan datang masih sangat dibutuhkan, sedangkan ketersediaan sumber daya manusia di bidang Administrasi Rumah Sakit masih sangat minim. Sebagaimana diketahui bahwa tuntutan masyarakat, akan mutu pelayanan kesehatan baik di puskesmas maupun di rumah sakit semakin meningkat, seiring dengan peningkatan status sosial, ekonomi dan pendidikan masyarakat. Untuk itu maka sarana pelayanan kesehatan berkewajiban untuk meningkatkan mutu pelayanan melalui pemenuhan standar fasilitas, SDM maupun sistem pelayanan. Salah satu standar yang harus dipenuhi adalah standar SDM baik dari segi kualitas, kuantitas maupun kompetensi, baik SDM yang berfungsi langsung dalam pelayanan maupun yang memiliki tugas mendukung pelayanan kesehatan. Pendirian PS ARS akan mendidik sumber daya manusia ARS, agar menjadi SDM yang professional, unggul, mampu bersaing di era global dan selalu tertantang untuk mengoptimasi diri sebagai tenaga kesehatan. Dalam rangka memenuhi prinsip tata kelola organisasi modern (good governance) dan menjunjung inisiatif strategis transformasi kelembagaan.

Visi dan Misi

VISI

“Mewujudkan Sarjana Administrasi Rumah Sakit yang Profesional, Unggul di bidang Manajemen Mutu Layanan Rumah Sakit dan mampu bersaing di Tingkat Nasional Serta Internasional pada Tahun 2030”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Administrasi Rumah Sakit secara professional bebasis kompetensi yang unggul di bidang mutu layanan Rumah Sakit.
  2. Menyelenggarakan penelitian Administrasi Rumah Sakit yang efektif dan efisien yang berbasis teknologi di bidang mutu layanan Rumah Sakit.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sesuai dengan perkembangan mutu layanan kesehatan dengan memanfaatkan sistem Informasi manajemen Rumah Sakit.
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Masa Studi dan Jumlah SKS

Beban studi Program Studi Sarjana Administrasi Rumah Sakit sejumlah 145 SKS dimana 125 diantaranya adalah teori sedangkan 20 sisanya adalah praktek. Berdasarkan jumlah SKS tersebut dan ketentuan batas maksimal pengambilan SKS per semester, maka diperoleh masa studi yang harus ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun.

Keunggulan Program Studi Administrasi Rumah Sakit

Program Studi Administrasi Rumah Sakit menghasilkan lulusan administrasi rumah sakit yang kompeten dalam tata kelola yang baik (Good Corporate Governance) dan mampu berpikir secara ilmiah, memecahkan masalah serta beradaptasi dengan perkembangan keilmuan, teknologi dan lingkungan. Memiliki keunggulan dan karakteristik dalam memanajemen secara terpadu, pentingnya manajemen terpadu merupakan penerapan mutu terpadu di rumah sakit milik pemerintah di era globalisasi yang memiliki kewajiban bagi pemerintah selaku pihak pengelola dan penanggung jawab.

S1 Administrasi Rumah Sakit Lama Studi : 8 Semester 

Gelar dan Kompetensi 

Sarjana Administrasi Rumah Sakit (S.ARS); kompeten di bidang Administrasi Rumah Sakit berbasis manajemen modern.


Nama Program Studi : Administrasi Rumah Sakit (S1)
Alamat : Jl Tantular Barat No. 9, Renon Denpasar, Bali 80114
Telepon : (0361) 4747770
Email : ars@iikmpbali.ac.id
Website : www.iikmpbali.ac.id