INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Psikologi (S1)

     Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali merupakan salah satu dari delapan program studi di IIK Medika Persada Bali, yang berdiri pada tahun 2015 melalui Surat Keputusan Menristek DIKTI No 73/KPT/I/2015. Program Studi ini dibentuk untuk menjawab tantangan akan kebutuhan Sarjana Psikologi yang cukup besar di Bali dan sekitarnya. Banyaknya permasalahan psikologis yang dialami oleh individu, keluarga, masyarakat, maupun organisasi, baik permasalahan yang bersifat pribadi, permasalahan yang berdampak sosial maupun permasalahan yang menyangkut pengembangan sumber daya manusia, sekarang ini hampir tidak sepenuhnya tertangani oleh tenaga ahli psikologi yang tersedia.

     Prodi Psikologi IIK Medika Persada Bali memiliki kekhasan pada Psikologi Komunitas, di samping memberikan kurikulum standar nasional untuk calon Sarjana Psikologi. Psikologi Komunitas merupakan sebuah bidang dalam ilmu Psikologi yang bertujuan untuk mengembangkan teori, penelitian, dan kolaborasi tindakan sosial dalam berbagai tingkatan, seperti lingkungan tempat tinggal, sekolah, organisasi, daerah, negara, bahkan internasional. Psikologi Komunitas memandang bahwa perilaku dan kesehatan mental individu tidak terpisahkan dari komunitas dimana ia berada (lingkungan). Bidang Psikologi Komunitas mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu Psikologi lainnya (Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri & Organisasi, dan Psikologi Pendidikan) untuk mempromosikan kesejahteraan psikologis (well-being), pemberdayaan masyarakat, keadilan sosial, mendorong kesepahaman atas berbagai isu di masyarakat yang berdampak pada kesehatan mental masyarakat & individu, serta mencegah (prevensi) berkembangnya suatu masalah psikologis.

 

VISI

Menjadi pusat pendidikan psikologi yang profesional dan unggul di bidang Psikologi, khususnya Psikologi Komunitas, dan mampu bersaing di tingkat regional dan global pada tahun 2030.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang berbasis kompetensi dan teknologi yang unggul di bidang Psikologi Komunitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis teknologi dan evidence based untuk mendukung Psikologi Komunitas.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sesuai dengan perkembangan pelayanan kesehatan dan teknologi di bidang Psikologi Komunitas.
  4. Menyelenggarakan institusi dengan tata kelola yang baik.
  5. Menyelenggarakan kerjasama pengembangan institusional, pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat di tingkat regional, nasional dan internasional guna percepatan visi dan misi Program Studi Psikologi.

TUJUAN

  1. Tujuan umum
  1. Menyiapkan calon sarjana yang mampu berpikir ilmiah, berintegritas, profesional, menghargai pluralitas, serta tanggap terhadap perubahan & perkembangan IPTEKS, budaya dan berbagai permasalahan psikologis di tengah masyarakat.
  2. Menyiapkan calon sarjana yang mampu memanfaatkan pengetahuan, keterampilan, dan teknologi informasi-komunikasi dalam bidang psikologi melalui kegiatan penelitian dan pemecahan berbagai masalah psikologis di masyarakat.

       B. Tujuan khusus

  1. Menghasilkan lulusan Psikologi yang profesional dan kompeten di bidang Psikologi Komunitas.
  2. Menghasilkan lulusan Psikologi yang mengedepankan etika moral dan pelayanan Psikologi.
  3. Menghasilkan lulusan Psikologi yang menguasai teknologi dan perkembangannya di bidang Psikologi khususnya Psikologi Komunitas.
  4. Menghasilkan lulusan Psikologi yang mampu melakukan penelitian tepat guna dan memanfaatkan hasil riset di bidang kesehatan khususnya Psikologi Komunitas.