INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Manajemen Informasi Kesehatan (S1)

Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan (MIKES) / Health Information Management (HIM) didirikan untuk memenuhi tantangan dunia kesehatan akan pentingnya peranan tenaga ahli untuk administrasi dan manajemen informasi kesehatan berbasis teknologi informasi. Lulusan MIKES kompeten dalam mengumpulkan, mengintegrasikan dan menganalisa data rekam medis serta data pendukung lainnya untuk kepentingan perawatan pasien yang efektif serta kepentingan lain seperti penelitian, pendidikan, perencanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan.

Program Studi MIKES merupakan multi disiplin ilmu yang meliputi dasar-dasar ilmu kedokteran dan kesehatan yang berkaitan dengan isi dan pemrosesan rekam medis, ilmu komputer, dan ilmu manajemen termasuk aspek kebijakan dan aspek etika dan hukum didalamnya.

Materi pendidikan yang serbaguna (Versatile) namun terfokus

Materi pendidikan mencakup bidang-bidang berikut:

  1. Klinis (anatomi, fisiologi, farmakologi, patologi, terminologi medis, koding dan klasifikasi medis)
  2. Teknologi Informasi dan Informatika (Kesehatan)
  3. Kepemimpinan
  4. Keterampilan Manajemen

Pengetahuan-pengetahuan ini akan digunakan untuk membentuk link dan komunikasi antara Ahli Manajemen Informasi Kesehatan dengan stakeholder-stakeholder seperti klinisi, administrators, technology designers, dan professional di bidang teknologi informasi.

Perkuliahan program studi MIKES meliputi manajemen, isi dan pemrosesan rekam medis, ilmu komputer, sistem informasi kesehatan, dan ilmu pelayanan kesehatan termasuk kebijakan dan aspek etika dan hukum di dalamnya. Dengan kata lain, program studi MIKES merupakan sintesis ilmu kesehatan masyarakat, biomedis, terminologi medis dan prinsip hukum dan etika informasi dan medis, serta ilmu komputer/teknologi informasi. Mata kuliah penunjang seperti ilmu statistik, metode penelitian, keuangan dan akuntansi juga memegang peranan penting untuk memastikan tercapainya profil lulusan dengan kompetensi yang diharapkan.

VISI

Menghasilkan Lulusan Sarjana Manajemen Informasi Kesehatan yang Profesional, Unggul dan Berbudaya dalam Informatika Kesehatan dan Mampu Berkolaborasi serta Berkompetisi secara nasional pada Tahun 2025 dan internasional pada Tahun 2035

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan MIKES yang menghasilkan lulusan sarjana Manajemen Informasi Kesehatan yang profesional, unggul, dan berbudaya dalam Informatika Kesehatan.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian MIKES yang tepat guna dan bermanfaat bagi derajat kesehatan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sesuai dengan perkembangan dunia informatika kesehatan
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  5. Menjalin kerjasama dalam MIKES dengan institusi kesehatan lain

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan

Deskripsi

1. Administrator Rekam Medis/ Electronic Health Record

Tenaga ahli rekam medis dalam mengelola rekam medis dan informasi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan medis, administrasi, dan kebutuhan informasi kesehatan lainya sebagai bahan dalam pengambilan keputusan di bidang kesehatan.

2. Analist Data Kesehatan

Tenaga ahli dalam pengolahan dan analisis data kesehatan untuk pengambilan keputusan di institusi kesehatan maupun kebijakan untuk masyarakat umum.

3. Sistem Analist Sistem Informasi Kesehatan

Tenaga ahli dalam menganalisa, merancang, membangun dan mengembangkan serta merawat sistem informasi kesehatan yang terintegrasi sebagai jawaban terhadap masalah dalam proses bisnis organisasi kesehatan.

4. Manajer Sistem Informasi Kesehatan

Tenaga ahli dalam pengelolaan sumber daya, rencana strategis, dan implementasi teknologi informasi yang sejalan dengan kebutuhan institusi kesehatan.

5. Konsultan Teknologi Informasi Kesehatan

Tenaga ahli yang menguasai konsep dan implementasi sistem, teknologi, dan bisnis proses dalam mendukung operasional organisasi pelayanan kesehatan.

6. Enterpreneur bidang Kesehatan

Lulusan yang haus akan tantangan dan mampu mengaplikasikan teknologi informasi secara maksimal di bidang kesehatan yang mampu menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat luas.

 

Sarjana MIKES memiliki lapangan kerja yang luas diantaranya adalah institusi berikut:

  1. Rumah Sakit
  2. Dinas Kesehatan
  3. Puskesmas
  4. Laboratorium Kesehatan
  5. Klinik dan Tempat Praktek Swasta
  6. Pusat Rehabilitasi
  7. Vendor Alat dan Software Kesehatan
  8. Perusahaan Konsultan
  9. Perusahaan Software
  10. Institusi Pendidikan (sebagai Dosen/Peneliti)
  11. Enterpreneur bidang Kesehatan