INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Fisioterapi (S1)

     Fisioterapi adalah bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi dan komunikasi.

     Fisioterapis sebagai profesi sebagaimana disosialisasikan oleh WHO tentang Classifying Health Worker pada The International Standard Classification of Occupation (ISCO 2008) tercatat dalam occupation group sebagai physiotherapy dengan ISCO Code 2264. Saat ini pelayanan fisioterapi di Indonesia tidak saja dapat diakses pada fasilitas pelayanan kesehatan tingkat rujukan, namun sudah dapat dijumpai pada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan tingkat dasar/primer (Data Dasar Puskesmas 2013) termasuk praktik mandiri, sehingga dibutuhkan pengaturan dan penyesuaian agar aksesibilitas dan mutu pelayanan fisioterapi dapat dipertanggungjawabkan, memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus memenuhi tuntutan perkembangan pelayanan kesehatan termasuk perkembangan akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan. Maka, berdasarkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 80 tahun 2003 mengenai Penyelenggaraan Pekerjaan Dan Praktik Fisioterapis, telah dikembangkan program pendidikan Sarjana Strata 1 Fisioterapi di Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali.

     Program Studi S1 Fisioterapi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali merupakan salah satu dari delapan Program Studi yang ada di Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali dengan ijin operasional dari MenRistekDikti Nomor: 73/KPT/I/2015. Program Studi Fisioterapi didirikan guna menjawab tantangan akan kebutuhan Sarjana Fisioterapi yang berkompeten di dalam bidangnya mengingat banyaknya terjadi fenomena kenaikan prevalensi penyakit tidak menular seperti pada sendi, cedera (trauma), stroke dan lain-lain yang dapat menimbulkan kecacatan yang membutuhkan perhatian yang begitu besar. Kondisi ini terkait dengan sumber daya manusia (SDM) yang sedikit, sedangkan pasien dan kebutuhan terhadap SDM yang berkompeten tersebut semakin banyak. Program Studi Fisioterapi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali memiliki kekhasan pada Fisioterapi Geriatri dengan kurikulum yang sudah sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI (PS) S1 FISIOTERAPI

A. Visi Program Studi Fisioterapi

 Visi Program Studi S1 Fisioterapi adalah menjadi Program Studi (PS) S1 Fisioterapi yang profesional, unggul, berbudaya yang memiliki daya saing di tingkat nasional serta global tahun 2035.

B. Misi Program Studi Fisioterapi

Misi Program Studi Fisioterapi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkaitan dengan penerapan ilmu kesehatan khususnya bidang fisioterapi dalam bidang manual, olahraga dan latihan fungsi.
  2. Mengembangkan pendidikan dan sumber daya manusia pada bidang akademik, penelitian dan abdi masyarakat.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan institusi pendidikan, pelayanan, industri, organisasi dan stakeholders serta dengan berbagai pihak yang berkepentingan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan fisioterapi berbasis kompetensi internasional untuk pengembangan pelayanan kesehatan di Indonesia.
  5. Menyelenggarakan pendidikan fisioterapi yang mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Indonesia serta kemanusiaan.
  6. Menyelenggarakan pendidikan fisioterapi yang mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berbasis evidence based.
  7. Berpartisipasi aktif dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya sebagai pusat informasi perkembangan fisioterapi terkini.

C. Tujuan Program Fisioterapi

Tujuan Program Studi Fisioterapi adalah:

  1. Tercapainya lulusan Sarjana Fisioterapi yang beriman, berakhlak mulia, dan memiliki profesionalisme, serta berbudaya untuk mampu baik bersaing dalam skala nasional maupun internasional.Tercapainya lulusan Sarjana Fisioterapi yang unggul dalam bidang penelitian berupa riset dan karya ilmiah tentang fisioterapiguna pemanfaatan bagi perkembangan ilmu pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat sebagai stakeholder.
  2. Mampu melaksanakan pengabdian dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  3. Tercapainya lulusan Sarjana Fisioterapi yang mandiri, professional dan memiliki tata karma yang baik.
  4. Mampu melakukan kerjasama pengembangan institusional, pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat di tingkat regional, nasional, dan internasional sehingga mempercepat pencapaian visi dan misi program studi.
  5. Tercapainya lulusan Sarjana Fisioterapi yang unggul dibidang fisioterapi geriatrik.