UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali Jawab Tantangan Era Globalisasi Pendidikan Bidang Kesehatan
  27 June 2016 - Dibaca 883 kali
  Oleh Administrator

Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali yang dikenal dengan sebutan IIK Bali merupakan satu-satunya Institut Ilmu Kesehatan di Indonesia Timur, dengan Ijin Operasional Nomor 73/KPT/I/2015 dengan Kode Perguruan Tinggi 082007yang memiliki motto Intellegence To Be Advance (Cerdas untuk maju) berupaya mengedepankan kualitas, telah mempersiapkan diri menuju World Class Services di bawah kepemimpinan Rektor Institut yaitu Prof.Dr.dr. I Made Bakta Sp.PD (KHOM). IIK Bali memiliki 8 (delapan) program studi langka, khususnya bidang keteknisian medik.

Provinsi Bali memiliki tantangan kebutuhan tenaga kerja, seperti dikutip pada Bali Post Selasa Pon, 23 Februari 2016, di mana RSUP Sanglah menjalin kerjasama dengan RSCM Jakarta terkait kekurangan SDM keteknisian medis utamanya dalam pemeliharaan dan perbaikan alat medis (tenaga elektromedik). IIK Bali menjawab tantangan tersebut dengan membuka 8 program studi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja bahkan beberapa diantaranya sangat langka tapi sangat dibutuhkan, harapannya generasi muda khususnya yang mengisi kebutuhan tenaga tersebut bukan tenaga luar Indonesia. Program studi tersebut diantaranya :

Program Studi Teknik Elektromedik Jenjang Diploma 4 memberikan pendidikan vokasional jenjang Diploma IV (setara S1) untuk memiliki ketrampilan dalam merancang, memodifikasi, serta memelihara peralatan kesehatan yang ergonomis diharapkan mampu menilai produktivitas peralatan kesehatan dan melakukan inovasi sesuai perkembangan IPTEK bidang teknik elektromedik. Bidang kerja: Rumah Sakit, laboratorium, Balai pemeliharaan kesehatan dll. Lulusan program studi ini bergelar Sarjana Terapan Teknik Elektromedik disingkat S.Tr.TE. Program studi ini satu-satunya di Bali, Nusa Tenggara dan Wilayah Timur Indonesia.

Program Studi Fisioterapi Jenjang Strata 1; mencetak lulusan yang mampu mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak serta fungsi tubuh dengan penanganan manual maupun peralatan, unggul di bidang geriatrik, lulus bergelar Sarjana Fisioterapi disingkat S.Fis dengan peluang kerja pada seluruh instansi pelayanan kesehatan dan juga dapat melakukan praktek mandiri.

Program Studi Teknologi Laboratorium Medik (TLM) Jenjang Strata 1; program studi ini dulunya disebut Analis Kesehatan menghasilkan lulusan yang memiliki keilmuan dan ketrampilan profesional dalam melaksanakan dan mengevaluasi prosedur laboratorium berbasis teknologi dan manajemen modern serta unggul bidang toksikologi klinik. Peluang kerja di Rumah sakit, Laboratorium Klinik, Puskesmas, BPOM dll. Lulusan program studi ini bergelar Sarjana Teknologi Laboratorium Madik disingkat S.TLM. Program studi ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Program Studi Farmasi Klinis Jenjang Strata 1; melaksanakan pendidikan farmasi klinis secara professional, mengunggulkan proses dalam mencapai pembelajaran, menambah pengetahuan mengenai  “Herbal Medicine berbasis usadha” serta communication skills dalam upaya peningkatan hasil pengobatan dan keamanan pasien. Farmasi Klinis jenjang Starat 1 lulus menjadi sarjana farmasi dengan gelar Sarjana Farmasi Klinis (disingkat S.Farm Klin) yang ahli bidang farmasi dengan tambahan unggulan keahlian bidang farmasi klinik sehingga mampu bekerja secara professional di Rumah Sakit, Apotik, Puskesmas, BPOM, PBF, industri obat, makanan, minuman dan kosmetik serta layanan kesehatan lainnya. Program studi ini satu-satunya di Bali, Nusa Tenggara dan Wilayah Timur Indonesia

Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan Jenjang Strata 1; program studi ini dulunya disebut Rekam Medik. Program studi ini menghasilkan lulusan yang kompeten dalam merekam informasi medis dan mampu berpikir secara ilmiah, memecahkan masalah serta beradaptasi dengan perkembangan keilmuwan dan teknologi modern yang terintegrasi. Peluang Kerja di seluruh pelayanan kesehatan; Rumah Sakit, laboratorium, puskesmas, BPJS dan seluruh instansi kesehatan lainnya. Lulusan program studi ini bergelar Sarjana Manajemen Informasi Kesehatan disingkat S.MIK. Program studi Manajemen Informasi Kesehatan dengan jenjang Strata 1 hanya ada 2 di Indonesia, salah satunya di IIK Bali ini.

Program Studi Psikologi Jenjang Strata 1; menghasilkan lulusan yang kompeten melakukan pengelolaan terkait bidang prilaku manusia serta melayani dan memberdayakan masyarakat serta unggul bidang psikologi komunitas. Selain bekerja di seluruh pelayanan kesehatan seorang psikolog juga bisa membuka klinik psikologi mandiri. Lulusan program studi ini bergelar Sarjana Psikologi disingkat S.Psi.

Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Jenjang Strata 1; menghasilkan lulusan yang mampu mengelola resiko dengan menerapkan keilmuwan sesuai perkembangan teknologi dan pelayanan kesehatan dan keselamatan kerja unggul bidang pariwisata. Lulusan program studi ini bergelar Sarjana Kesehatan disingkat S.Kes. Lulusannya dapat bekerja pada Rumah Sakit, laboratorium, pabrik, perusahaan negeri maupun swasta dll. Program studi ini satu-satunya di Bali, Nusa Tenggara dan Wilayah Timur Indonesia.

Program Studi Administrasi Rumah Sakit Jenjang Strata 1; menghasilkan lulusan administrasi rumah sakit yang kompeten dalam tata kelola dan mampu berpikir secara ilmiah, memecahkan masalah serta beradaptasi dengan perkembangan keilmuwan dan teknologi modern yang terintegrasi. Lulusan program studi ini bergelar Sarjana Administrasi Rumah Sakit disingkat S.ARS.  Bidang Kerja seluruh pelayanan kesehatan; Rumah sakit, dll. Program studi ini satu-satunya di Bali, Nusa Tenggara dan Wilayah Timur Indonesia

IIK Bali juga membuka program Lintas Jalur dari lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang Strata 1 yang inline dengan program studi Farmasi Klinis dan Teknologi Laboratorium Medik.

Sekretariat Pendaftaran dan sekaligus Kampus berada di Jalan Tantular barat No. 9 Renon - Denpasar 80114 atau untuk informasi lainnya dapat melalui telepon di 0361-474 7770 atau Hp. 081238978886; 085954121866.

Untuk Pendaftaran Online silahkan akses di www.iikmpbali.ac.id atau klik disini.