INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
IIK Medika Persada Bali Berubah Jadi Universitas Bali Internasional
  2 November 2019 - Dibaca 29 kali
  Oleh Administrator

INSTITUT Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali berubah menjadi Universitas Bali Internasional (UNBI). Perubahan bentuk tersebut terjadi setelah keluarnya surat keputusan menteri yang diserahkan LLDikti Wilayah VIII ke Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia (AHBI) dan Rektor UNBI di Kampus UNBI, Denpasar, Kamis (31/10) kemarin. Penyerahan izin tersebut disaksikan Sekda Kota Denpasar, Forum Rektor di Bali, Ikatan Perguruan Tinggi Swasta di Bali, dan lainnya.

Menurut Rektor UNBI Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD.(KHOM), perubahan ini terjadi setelah keluarnya surat keputusan menteri tentang perubahan IIK Medika Persada Bali menjadi UNBI. Oleh karena itu, IIK Medika Persada Bali berubah dari institut menjadi universitas, dengan menambah satu program studi (prodi) baru yakni Bisnis Digital (S-1). Dengan menjadi universitas, maka pihaknya dapat mengelola semua rumpun ilmu yang ada, baik sosial, kesehatan, dan lainnya. "Ini semua fungsinya, bagaimana kami bisa mengabdi lebih luas lagi kepada masyarakat Bali khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya, dalam bidang pendidikan tinggi," papar Prof. Bakta.

Ia menjelaskan, pihaknya khusus membuka Prodi Bisnis Digital dalam rangka menyongsong era revolusi industri 4.0. Prodi baru ini diharapkan mendapatkan respons baik dari masyarakat, apabila tidak ingin ketinggalan dalam revolusi industri 4.0.

Prodi Bisnis Digital ini merupakan yang pertama di Bali, dan ke-4 di Indonesia. Di mana garis besarnya akan membahas cara marketing secara elektronik, dan memiliki bisnis beserta cara mengelolanya. Untuk prodi baru ini, UNBI telah menyiapkan enam dosen tetap, dan sewaktu-waktu juga akan mengundang dosen tamu untuk menambah wawasan. "Menurut revolusi industri 4.0 itu semua akan, apa yang kita sebut sebagai internet outsing. Jadi semua akan melalui internet," terangnya.

Terkait perubahan bentuk ini, Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia yang diketuai Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHT., CHA. sangat men-support. Sebab, ke depan dengan adanya UNBI tentunya diharapkan universitas yang didirikan ini menjadi universitas yang diperhitungkan di dunia pendidikan. Juga bermanfaat bagi Kota Denpasar khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bahkan nanti diharapkan dapat mengembangkan sayap ke dunia internasional, sesuai visi-misi dari yayasan.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. menerangkan, IIK Medika Persada Bali melakukakn akuisisi salah satu perguruan tinggi di Bali yang sekaligus melakukan perubahan bentuk dari institut menjadi universitas. Pihaknya melihat ada dua hal yang paling penting. Pertama adalah perguruan-perguruan tinggi yang kurang bergairah kita akuisisi, sehingga akan menjadi lebih kuat. Kedua, dengan bergabungnya itu, maka proses pengajaran dan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan menjadi lebih bagus karena tenaga menjadi terkonsentrasi untuk mendukung kualitas. "Saya selalu mendorong perguruan tinggi yang mau mengembangkan diri untuk peningkatan kualitas, karena sekarang jawabannya ada di kualitas. Perguruan tinggi yang tidak berkualitas pasti ditinggal oleh masyarakat," paparnya. Jadi, Prof. Dasi menambahkan, pengembangan ini pun dimaksudkan untuk meningkatkan bagaimana seluruh aktivitas kegiatan tri dharma perguruan tinggi adalah mengacu pada budaya mutu. (ad950)