INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Safari Kesehatan IIK Medika Persada Bali di Banjar Oongan - Tunjukkan Komitmen Ingin Dekat dan Peduli Lingkungan
  2 April 2019 - Dibaca 106 kali
  Oleh Administrator

Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali kembali melaksanakan safari kesehatan. Kali ini safari kesehatan dilakukan di Banjar Oongan, Kelurahan Tonja pada Minggu (31/3). Safari kesehatan belakangan rutin dilakukan IIK Medika Persada Bali dengan menyasar banjar – banjar yang ada di Kelurahan Tonja setiap minggunya. Sudah ada 7 banjar yang diberikan pelayanan safari kesehatan, ke depan akan dilakukan di 3 banjar lagi.

Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali Dr. Drs. I Nyoman Astina, M.Pd.,CHA.,Cht., mengatakan, sesuai keinginan kita agar masyarakat di Kelurahan Tonja ini sehat dan sejahtera, berbudaya berdasarkan Tri Hita Karana, maka dari itu ia mengaplikasikannya dengan program safari kesehatan yang sudah berlangsung dari beberapa minggu yang lalu.

Ada 10 banjar yang akan disasar, tinggal 3 banjar lagi yaitu Oongan yang dilaksanakan pada hari itu, Banjar Batanancak dan Banjar Kedaton. “Kami ingin memberikan pelayanan kesehatan pada keseluruhan banjar di Kelurahan Tonja karena sesuai mimpi kita itu agar masyarakat sehat dan sejahtera. Sehingga kita memanfaatkan institusi yang kita miliki untuk menjadi institusi yang mengabdikan dirinya pada Banjar Oongan,” jelasnya.

Kegiatan ini dikatakan semacam rancangan atau pemula bagi IIK Medika Persada Bali untuk memberikan layanan kesehatan. Kegiatan ini tidak akan berhenti, akan terus dilakukan agar masyarakat sehat dan sejahtera.

IIK Medika Persada Bali berada di wilayah Kelurahan Tonja, maka sudah sepatutnya IIK memberikan sumbangsih pengabdian kepada masyarakat Kelurahan Tonja. “Karena IIK berada di Kelurahan Tonja maka kita akan selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat termasuk kami juga memberikan kesempatan pada masyarakat yang asli Tonja untuk mengenyam pendidikan di IIK Medika Persada Bali dengan memberikan diskon 50% untuk pembayaran SPP,” imbuhnya.

Dengan demikian image yang ingin dibangun adalah IIK yang peduli terhadap masyarakat dan ingin mendekatkan diri pada masyarakat Kelurahan Tonja.

Ketua Prodi Administrasi Rumah Sakit dr. A A. Sarawasti mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan laboratorium, gula darah, asam urat. Di samping pemeriksaan laboratorium, juga dilakukan cek fisik dari dokter dan diberikan obat sesuai dengan keluhan yang dialami. “Kami juga memberikan kacamata, khusus untuk kacamata baca,” ujarnya

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mendekatkan diri pada masyarakat. Mengingat Perguruan Tinggi memiliki Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat. PKM ini dituangkan dalam bentuk pelayanan kesehatan. “Khususnya dalam bulan – bulan ini kita lakukan di Kelurahan Tonja, karena memang lokasi IIK di Kelurahan Tonja supaya masyarakat mengenal bahwa ada IIK Medika Persada Bali di lingkungannya,” tandasnya. Selain itu, IIK juga peduli terhadap masyarakat di Kelurahan Tonja khususnya terkait masalah kesehatan.

Selanjutnya IIK Medika Persada Bali juga akan kembali melakukan PKM, namun dalam bentuk penyuluhan terkait dengan DBD, sistem rujukan di era JKN, pemeriksaan jentik nyamuk ke rumah – rumah penduduk.

Kepala Lingkungan Banjar Oongan Kelurahan Tonja Nyoman Suandita mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh IIK Medika Persada Bali karena telah memberikan pelayanan kesehatan pada nmasyarakat di Banjar Oongan. Kesempatan yang baik ini sudah disampaikannya pada masyarakat bahwa sangat penting menjaga kesehatan masyarakat dengan upaya preventif seperti ini. Masyarakat pun sebagian besar sudah mengetahui keberadaan IIK Medika Persada Bali berada di wewidangan Kelurahan Tonja.(kmb42)

Video Kegiatan