INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Safari Kesehatan IIK Medika Persada Bali - Edukasi Sekaligus Mendukung Program Kesehatan Pemerintah
  26 March 2019 - Dibaca 159 kali
  Oleh Administrator

Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali kembali menyelenggarakan safari kesehatan. Pada kesempatan kali ini, Minggu (24/3) dilakukan di Banjar Tegeh Kuri, Kelurahan Tonja. Safari kesehatan ini meliputi edukasi pentingnya menjaga kesehatan dan upaya mencegah penyakit, skrining kesehatan dengan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah serta pemberian obat – obatan untuk warga yang sakit. Ditambah dengan layanan pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis.

Safari kesehatan ini bukanlah pengobatan gratis, melainkan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sekaligus mendukung program kesehatan pemerintah. Sebelumnya IIK telah berkeliling melakukan safari kesehatan, diantaranya ke Banjar Tatasan Kaja, Tatasan Kelod, Sengguan, Batanancak.
Wakil Rektor IIK Medika Persada Bali dr. I Gusti Lanang Made Rudiartha mengatakan, safari kesehatan juga merupakan bentuk bina lingkungan. IIK Medika Persada Bali yang berlokasi di Kelurahan Tonja wajib mengabdikan diri pada lingkungan tempat kampus tersebut berdiri. Salah satu pengabdian yang bisa dilakukan adalah dengan safari kesehatan. “Jadi kita tinggal disini, lokasi sekolahnya disini, supaya hubungan dengan masyarakat bagus,” ujarnya.
Selain bina lingkungan, kegiatan safari kesehatan juga merupakan wujud nyata dukungan terhadap program pemerintah di bidang kesehatan. Ia berharap ke depan Kelurahn Tonja bisa menjadi contoh baik dari sisi kebersihan, tanaman obat keluarga, mencegah Demam Berdarah, dll. Inilah bukti bentuk dukungan IIK Medika Persada Bali terhadap program kesehatan pemerintah.
Di bidang kesehatan, selain memberi pelayanan langsung kepada masyarakat, dalam bidang pendidikan IIK Medika Persada Bali juga memberikan diskon khusus untuk warga Kelurahan Tonja, yaitu diskon SPP 50% kepada anak – anak asli Kelurahan Tonja.
IIK Medika Persada Bali memiliki 8 program studi (prodi) yaitu Prodi Farmasi, Teknik Laboratorium Medik, Elektromedik, Fisioterapi, Administrasi Rumah Sakit, Manajemen Informasi Kesehatan, K3 (Keselamatan, Kesehatan Kerja), dan Psikologi.
 
Kepala Lingkungan Banjar Tegeh Kuri Nyoman Gede Sutama mengatakan, kegiatan yang dilakukan IIK Medika Persada Bali sangat positif. Maka dari itu ia mengucapkan terima kasih dengan adanya safari kesehatan ini. Ia berharap ke depannya kegiatan serupa bisa berlanjut/ “Agar IIK Medika Persada Bali tahu perkembangan dan memberi perlindungan kesehatan pada warga kami,” ujarnya.
Di Banjar Tegeh Kuri telah memiliki program dalam rangka mencegah agar tidak sampai sakita diantaranya Posyandu Balita setiap sebulan sekali di minggu ke-3 dan senam lansia setiap Minggu.
Mengingat penduduk lansia dan balita cukup banyak di Banjar Tegeh Kuri, amaka pelayanan kesehatan seperti ini sangat diperlukan. Maka dari itu ia berharap iik Medika Persada Bali lebih proaktif lagi. “Bila perlu setiap bulan diadakan pemeriksaan seperti ini,” tandasnya.
Kegiatan safari kesehatan ini tidak terlepas dari dukungan Dr. Drs. I Nyoman Astina, M.Pd.,CHA.,Cht.,Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali yang merupakan tempat bernaung IIK Medika Persada Bali. Ia juga memberikan kontribusi dan dorongan pendirian sekolah lain diantaranya Sekolah Perhotelan Bali, STPBI, Stikes Wira Medika Bali, IIK Medika Persada Bali, SMK Duta Bangsa. Ia juga sangat memperhatikan potensi generasi muda dengan membukan tempat pelatihan dan training – training untuk meningkatkan skill generasi muda. Di bidang pendidikan, perjuangannya tak perlu diragukan.(kmb42)

Video Kegiatan