INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
“Open House” llK Medika Persada Bali Perkenalkan Kampus dan Pendidikan Era Baru
  18 February 2019 - Dibaca 60 kali
  Oleh Administrator

     INSTITUT Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali (IIK Bali) menggelar Open House sekaligus Seminar Peran Guru BK untuk meningkatkan potensi siswa dan perkembangan pendidikan di era masa kini pada Sabtu (16/2) di Kampus IIK Medika Persada Bali, Gang Jeruk, Jalan Seroja, Denpasar. Pembicara dalam seminar tersebut Dra. Hilda Sudhana, M.Kes..Psikolog. dan Ida Ayu Manik Partha Sutema,S.Farm., M.Far.Apt. Pembicara tersebut Juga menyinggung soal pendidikan era baru yang diterapkan di IIK Medika Persada Bali.

     Rektor IIK Medika Persada Bali Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM). Mengatakan tujuan dilaksanakan seminar dan open house ini adalah untuk memperkenalkan kampus IIK Medika Persada Bali kepada sekolah-sekolah. Yayasan sudah mempersiapkan fasilitas kampus seluas 1,7 hektar. Iokasinya berada di pinggir Sungai Ayung.

     Pihaknya pun berkomitmen mempertahankan suasana hijau agar bisa menjadi green campus. Kata Prof. Bakta, ini baru seperempat dari total pembangunan yang akan dibangun. Ia akan melengkapi fasilitas kampus secara bertahap untuk menunjang proses belajar mengajar. Dari sisi akademik, pihanya menyiapakan 8 program studi yang menjadi kebutuhan industri. Seperti rumah sakit, klinik, lembaga dan institusi kesehatan, hotel serta lulusan juga menjadi enterpreneur, berbekal kemampuan dan keahlian. Dengan demikian, lulusan IIK Medika Persada Bali nantinya akan terserap di industri-industri tersebut.

     Program studi Farmasi yang dimiliki IIK Bali adalah Farmasi Klinis yang khusus membantu farmasi di puskesmas dan rumah sakit. Kedua ada Program studi Teknologi Laboratorium Medik, yaitu tenaga lab. Sebelumnya hanya ada program D3 Teknologi Laboratorium Medik. Namun sekarang ada program S1 Teknologi Laboratorium Medik. “Kalau kita llihat perkemban rumah sakit di Bali, NTB, NTT peluang kerja untuk lulusan kita besar, “ujarnya.

     Selain itu juga ada Prodi Teknik Elektromedik yaitu tenaga untuk mengoperasikan alat-alat medis yang menggunakan listrik. Seperti rontgen dan alat pacu jantung. Tenaga di bidang ini sangat dibutuhkan karena sampai saat ini belum ada lulusan elektromedik setara S1. Prodi Fisioterapi memang saat ini sudah mulai dikembangkan dibeberapa sekolah termasuk IIK Bali. Namun, menerut Bakta, tenaga fisioterapi kebutuhannya masih tinggi karena masih banyak masyarakat yang membutuhkannya di praktik swasta maupun di rumah sakit.

     IIK Bali juga memiliki program S1 Administrasi Rumah Sakit. Tenaga ini akan mengisi jabatan-jabatan di rumah sakit. Jika seorang direktur RS harus bergelar S2 (MARS), maka jabatan dibawahnya seperti wakil dan kepala bidang (kabid) harus bergelar S.ARS.

     Prodi Manajemen Informasi Kesehatan yang dulu bernama rekam medik. Rekam medik perannya sangat penting dalam mengamankan arsip rumah sakit, sehingga peluangnya sangat besar masuk dalam industri kesehatan. IIK Bali juga memiliki prodi yang prospektif di dunia kerja dan perannya sangat penting yaitu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Setiap rumah sakit, hotel dan perusahaan besar nantinya diharuskan memiliki devisi atau bidang K3, sehingga peluangnya juga besar. Prodi Psikologi juga menjadi daya tarik banyak orang atau calon mahasiswa. (ad589)