INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
GLOBAL SEMINAR: Mental Illness and Psychological Practice in Bali with Chicago School of Professional Psychology
  14 December 2018 - Dibaca 135 kali
  Oleh Administrator

Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali menyelenggarakan seminar global “Mental Illness and Psychological Practice in Bali with Chicago School of Professional Psychology” , yang merupakan kerjasama dengan Bali Institute dan The Chicago School of Professional Psychology. Acara ini merupakan salah satu kegiatan Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali pada tahun 2018. Acara ini dilatarbelakangi kondisi kesehatan mental masyarakat di Bali yang dipengaruhi oleh unsur sosial dan budaya. Masyarakat Bali memiliki tradisi gotong-royong yang kuat. Kegiatan tersebut mengharuskan mereka untuk ikut bergotong-royong apabila ada kegiatan keagamaan di lingkungan banjar tempat mereka tinggal. Terdapat suatu situasi apabila seseorang tidak pernah terlibat gotong-royong di banjar akan mendapatkan tekanan. Tekanan dapat berupa gunjingan sampai dengan diasingkan oleh masyarakat.

Masyarakat di Bali terutama generasi yang sudah lebih berumur cenderung tidak menganggap kesehatan mental sesuatu yang penting dan harus dijaga. Bahkan banyak yang menganggap sepele dan tidak mau berobat secara medis karena menganggap penyakit yang dideritanya berkaitan dengan hal-hal niskala dan lebih memilih untuk berobat ke balian. Masyarakat juga ada yang tidak berobat sama sekali dan menganggap penyakitnya tersebut merupakan karma yang diberikan oleh para Dewa akibat dari perbuatannya di masa lalu. Di negara-negara maju, mayoritas masyarakatnya menganggap bahwa kesehatan mental merupakan salah satu hal yang paling penting. Karena mereka percaya, dengan mental yang sehat maka fisik pun juga akan sehat.

Dengan latar belakang kondisi kontekstual tersebut, acara bertajuk “Mental Illness and Psychological Practice in Bali with Chicago School of Professional Psychology” hendak mendiskusikan bersama berbagai praktik penanganan khas pada masyarakat tradisional di Bali dan praktik yang berlandaskan tradisi ilmiah ilmu Psikologi. Diskusi dilakukan bersama dengan dosen dan mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali, mahasiswa strata dua Chicago School of Professional Psychology, dan rekan sejawat praktisi Psikologi di wilayah Bali. Acara berisikan paparan materi dari pihak Jack S. Wasserman, PhD dan Tyler BreAnn Hunter, M.A dari The Chicago School of Professional Psychology dan Nyoman Trisna Aryanata, M.A dari Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Bali.

Adanya acara ini turut semakin memantapkan jejak Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali dalam berbagai isu kesehatan mental dan isu sosial di Bali. Sivitas akademika Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali juga semakin meningkatkan kualitas diri melalui kegiatan ilmiah dengan latar lintas budaya dan lintas negara.

Berlandaskan dari latar belakang di atas, maka tujuan dari kegiatan tersebut adalah :

  1. Untuk meningkatkan pemahaman bersama mengenai kondisi kesehatan mental masyarakat terutama di Bali
  2. Mengetahui hubungan antara kondisi sosial di Bali dengan kesehatan mental masyarakatnya.
  3. Mengunjungi dan berdiskusi dengan pihak organisasi/yayasan dan Rumah Sakit Jiwa yang bekerja di Bali.
  4. Menjalin hubungan baik antara Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali dan Chicago School of Professional Psychology.