INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
POSKO KESEHATAN IIK BALI DI PURA BESAKIH
  13 April 2018 - Dibaca 350 kali
  Oleh Administrator

Institut Ilmu kesehatan Medika Persada Bali (IIK BALI) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pura Besakih Kabupaten Karangasem pada hari Kamis, 12 April 2018. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu aspek dari penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada Masyarakat ini diartikan sebagai kegiatan berupa pengamalan IPTEK yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara melembaga, yang nantinya dapat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan memberi kontribusi nyata terhadap proses pembelajaran serta dapat meningkatkan mutu kehidupan di lingkungan masyarakat secara berkesinambungan.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan, IIK BALI mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk memberikan pelayanan kesehatan dan screening kesehatan berupa cek tekanan darah, gula darah, dan asam urat serta pengobatan gratis bagi para panitia, pemangku dan pengayah Prawartaka Tawur Tabuh Gentuh Lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih. Rektor IIK Bali Prof. Dr.dr.I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) yang diwakili oleh Wakil Rektor III dr. I Gusti Lanang M. Rudiartha,MHA, Wakil dari Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia, Dr. I Ketut Sugiarta, MM dan Ketua Panitia dr. I Made Dharmadi,MPH sekaligus menjadi team pemeriksa kesehatan dan memberikan konsultasi mengenai kesehatan serta pengobatan gratis yang juga dibantu oleh dr. Dyah Agustina Lestari, S.Ked, Team dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali yakni dr. Sri Trisnawati, M.Kes, Luh Karniti, Ria Mariana dan Wayan Wiratna, beserta seluruh civitas    akademika IIK Bali (tenaga kependidikan, dosen dan mahasiswa).

Posko kesehatan IIK BALI dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita yang diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Besakih memohon penganugerahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, semoga diberikan kerahayuan dan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan pengabdian di masyarakat dan pendidikan.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dan dukungan yang sangat besar dari peserta tes kesehatan, masyarakat umum, panitia, pemangku dan pengayah karena dapat berkonsultasi mengenai kesehatan langsung kepada dokter yang bertugas, terutama konsultasi kesehatan pasca Erupsi Gunung Agung.

Penyelenggaraan Posko Kesehatan di Pura Agung Besakih yang bertepatan dengan Upacara Edd Tawur Tabuh Gentuh Lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih mendapat dukungan positif  dari Ketua Panitia Karya, Jro Mangku Widiartha dan I Gusti Mangku Jana sebagai Ketua I berharap kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang lebih panjang karena pengayah upacara bekerja selama beberapa bulan sehingga perlu kondisi yang baik dan beliau berterimakasih atas dilaksanakannya pengabdian ini sebagai sebuah Yadnya dan semoga ditingkatkan dengan pelaksanaan yang lebih terjadwal. IIK Bali kedepannya akan terus berkomitmen untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh IIK Bali terkait dengan program studi yang di selenggarakan yaitu Program studi Teknologi Laboratorium Medik (S1); Farmasi Klinis (S1); Administrasi Rumah Sakit(S1); Manajemen Informasi Kesehatan (S1); Fisioterapi (S1); Psikologi (S1); Kesehatan dan Keselamatan Kerja (S1) dan Teknologi Rekayasa Elektromedik (D4).

Tenaga Kesehatan tersebut sangat dibutuhkan karena kelulusan tenaga kesehatan tersebut masih langka dan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Semoga Tenaga Kesehatan yang dimiliki IIK Bali dapat berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat luas.