INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
IIK BALI PEDULI PENGUNGSI GUNUNG AGUNG
  28 November 2017 - Dibaca 416 kali
  Oleh Administrator

     Sebagai suatu bentuk kepedulian  kepada masyarakat pengungsi Gunung Agung, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali (IIK BALI)  memberikan bantuan langsung kepada warga yang mengungsi di Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Sabtu, 25 November 2017. Masyarakat yang mengungsi merupakan warga dari Desa Selat, Dusun Yeha yang termasuk salah satu dari Kawasan Rawan Bencana (KRB) 2  Di Posko pengusngsian Sangkan Gunung, Sidemen terdapat 70 Kepala Keluarga, terdiri dari 269 orang pengungsi yang sudah mengungsi sejak bulan oktober 2017.

     Dalam rapat kordinasi Rektor dan para wakil rektor, Ketua Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia beserta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Rektor IIK Bali menetapkan untuk melakukan Pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan dan bhakti sosial. Bantuan yang diserahkan berupa sembako diantaranya beras, minyak, sayuran dan bumbu dapur lainnya, pakaian layak pakai, serta alat-alat kebutuhan lainnya. Bantuan ini merupakan sumbangan dari segenap civitas akademika Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali dan bekerjasama dengan Bank BTN. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Rektor 3, dr I Gusti Lanang Made Rudiartha, MHA didampingi oleh  Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Zainal Firdaus Wardhana, SE.,MM, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, Dr.Ir. Made Sudiara,MM, kepada koordinator posko pengungsi, Wayan Gari. Dan Kepala Desa Sangkan Gunung,

     Disamping pemberian bantuan sembako tersebut, dilaksanakan pula bhakti sosial yakni sanitasi lingkungan oleh mahasiswa IIK Bali, Pelayanan Psikologi oleh Program studi Psikologi IIK Bali dan pelayanan kesehatan gratis, yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 Wita, dan mendapat respon positif dari masyarakat karena masyarakat dapat berkonsultasi mengenai kesehatan langsung kepada dokter yang bertugas.

     Dalam kegiatan ini, dokter – dokter yang melakukan pemeriksaan adalah dr. I Gusti Lanang Made Rudiartha, MHA bersama team kesehatan dari IIK Bali dan dr. I wayan Sukarata, MM selaku kepala puskesman Sidemen, Kabupaten Karangasem.

     Nyoman Suara, selaku Kepala Desa Sangkan Gunung, kecamatan Sidemen, Karangasem menyambut kegiatan ini dengan sangat antusias. “Apalagi posko pengungsian ini terletak agak masuk kedalam sehingga bantuan tidak banyak ke posko ini, dan sangat bersyukur atas kedatangan kampus IIK Bali dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di tempat kami”. Wakil Rektor III IIK Bali pun menyampaikan turut berempati terhadap penderitaan pengungsi, walaupun bantuan yang diberikan sedikit, namun setidaknya dapat meringankan beban para pengungsi.