INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI IIK BALI DAN ASOSIASI PSIKOLOGI FORENSIK PERWAKILAN BALI MENYELENGGARAKAN ACARA FORUM BELAJAR PSIKOLOGI FORENSIK
  12 October 2017 - Dibaca 847 kali
  Oleh Administrator

      Asosiasi Psikologi Forensik Perwakilan Bali bersama dengan Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan sukses menyelenggarakan acara "Forum Belajar Psikologi Forensik" yang terdiri dari acara Workshop dan Seminar. Kedua acara diselenggarakan secara berturut-turut tanggal 30 September 2017 dan 1 Oktober 2017. Acara turut dihadiri Ibu Caecilia Nirlaksita Rini, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku Ketua Asosiasi Psikologi Forensik Perwakilan Bali, Ibu Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi., Psikolog selaku Ketua Asosiasi Psikologi Forensik HIMPSI. Acara ini dapat terselenggara berkat prakarsa Ibu Caecilia Nirlaksita Rini dan ibu Dra. Hilda Sudhana, M.Kes., Psikolog (Ketua Program Studi Psikologi) yang turut didukung penuh oleh Rektor dan jajaran Wakil Rektor di institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali.

      Forum Belajar Psikologi Forensik merupakan suatu program sekaligus wadah dari Asosiasi Psikologi Forensik Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) bagi pemerhati, praktisi, akademisi, maupun kalangan umum untuk membahas berbagai isu-isu terkait dengan hukum yang dikaji dalam sudut pandang Psikologi Forensik. Dalam rangkaian acara yang diselenggarakan ini, diadakan pelatihan "Pendampingan dan Profiling Korban/Tersangka pada Kasus Anak" yang ber-SKP resmi dari APSIFOR HIMPSI. Pelatihan ini khusus diberikan untuk lulusan Sarjana Psikoogi (S.Psi) dan Psikolog. Pelatihan ini diberikan langsung oleh Ibu Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi., Psikolog.

      Forum Belajar ini kemudian dilanjutkan dengan seminar "Psikologi Forensik dalam Criminal Justice System pada Kasus Kekerasan Anak: Kebutuhan Penanganan dan Pendampingan Korban/Pelaku". Seminar ini terbuka untuk umum, baik mahasiswa maupun khalayak umum. Materi diberikan secara simultan oleh Ibu Reni Kusumowardhani, Bapak I Dewa Putu Gandita Rai Anom, S.TP (Kepala Seksi Perlindungan Khusus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali), dan Ibu dr. Lely Setyawati, Sp.KJ(K) (Ketua Pelaksana Harian P2TP2A Provinsi Bali). Materi berpusat pada paparan mengenai berbagai kasus-kasus kekerasan anak yang terjadi di Indonesia, khususnya Bali, serta berbagai bentuk penanganan dan pendampingannya. Penanganan dan pendampingan tidak saja diarahkan pada anak sebagai korban namun juga kepada pelaku agar fungsi restoratif dalam sistem peradilan turut berjalan dan mendukung usaha pemutusan rantai kekerasan pada anak.

      Sebagai bagian akhir dari acara, yang turut pula menjadi agenda utama kegiatan ini, diselenggarakan Sidang Pemilihan Ketua APSIFOR Perwakilan Bali periode 2017-2021. Sidang ini menghadirkan segenap anggota APSIFOR Perwakilan Bali dengan Ibu Reni Kusumowardhani sebagai saksi pemilihan. Calon yang maju dalam pemilihan adalah Ibu Caecilia Nirlaksita Rini sendiri dan Bapak Yohanes K. Herdiyanto, S.Psi., M.A. Hasil pemilihan adalah terpilihnya Bapak Yohanes K. Herdiyanto, S.Psi., M.A. (dosen Program Studi Psikologi Universitas Udayana) sebagai Ketua terpilih. Pengukuhan Beliau sebagai Ketua Asosiasi Psikologi Forensik Perwakilan Bali sekaligus jajaran pengurusnya akan disusulkan kemudian melalui penerbitan Surat Keputusan dari APSIFOR HIMPSI.

      Dengan terselenggarakannya acara ini, semakin menegaskan eksistensi Program Studi Psikologi Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali dalam dinamika pengembangan dan penerapan ilmu Psikologi di Indonesia, khususnya di Bali, terutamanya dalam usianya yang menginjak 2 tahun. Semoga acara ini memberi manfaat yang baik bagi seluruh peserta yang terlibat dan membuka cakrawala dan jalan bagi penerapan Psikologi Forensik maupun bidang ilmu Psikologi itu sendiri di Bali.