UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
PROGRAM STUDI FISIOTERAPI IIK BALI GELAR WORKSHOP INTERN
  22 July 2016 - Dibaca 735 kali
  Oleh Administrator

      Seiring dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat, maka pertumbuhan kesempatan kerja di era globalisasi saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat keahlian serta kompetensi yang tinggi. Permintaan pasar kerja yang semakin besar terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas dan berkompetensi dengan tingkat keahlian yang tinggi merupakan suatu tantangan bagi perguruan tinggi untuk dapat menghasilkan sarjana profesional serta memiliki potensi dan kompetensi sesuai dengan dunis kerja (sebagai stakeholders) berkeahlian tinggi, agar mampu mengisi peluang kerja yang tersedia, sehingga lulusan perguruan tinggi dapat terserap di pasaran kerja dan tidak menambah pengangguran. Dalam kaitan ini pembukaan Program Studi Fisioterapi jenjang Strata 1 Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali (IIK Bali) dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang unggul di bidang Perancang, Pengembang dan Pelaksana program promotif, preventif masa lansia, serta treatment masalah kesehatan untuk lansia dalam bidang fisioterapi geriatri.

      Guna mendukung profil lulusan Program studi Fisioterapi IIK Bali mengadakan workshop internal penyusunan kurikulum pada hari Sabtu tanggal 2 Juli 2016 di kampus IIK Bali jln. Tantular Barat No 9 Renon Denpasar, yang dihadiri langsung oleh Rektor IIK Bali Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

      Kegiatan workshop yang diikuti oleh para dosen program  studi Fisioterapi bertujuan untuk merancang Kurikulum  Pendidikan Strata 1 Fisioterapi. dengan narasumber yang hadir  berasal dari tim penyusun kurikulum Fisioterapi Universitas  Udayana (sebagai tim ahli akademik IIK Bali), serta tim  fasilitator Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali,  diantaranya: Prof. Dr.dr. I Nyoman Adi  Putra,MOH.,PFK.,Sp.Erg (Tim Penyusun Kurikulum  Fisioterapi Universitas Udayana), Ari Wibawa,S.ST.FT.,  M.Fis. (Tim Penyusun Kurikulum Fisioterapi Universitas  Udayana), Ida Ayu Manik Partha Sutema, S.Farm.,M.Farm.Apt  (Fasilitator tim ahli akademik Institut Ilmu Kesehatan Medika  Persada Bali) Tjokorda Bagus Putra Marhaendra,  S.H.,S.T.,M.Erg (Fasilitator tim ahli akademik Institut Ilmu  Kesehatan Medika Persada Bali).

      Pembahasan pada workshop ini diantaranya mematangkan konsep Program Studi Fisioterapi yang mengacu pada Fisioterapi Geriatri, yaitu cabang ilmu fisioterapi yang diharapkan mampu menangani program promotif, preventif masa lansia, serta treatment masalah kesehatan untuk lansia, Kurikulum S1 Fisioterapi, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) serta Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang telah disusun oleh masing-masing dosen yang bertanggung jawab untuk kesiapan perkuliaha yang akan dimulai per 20 September 2016. (Red. Prisa J).