INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 PSIKOLOGI INSTITUT ILMU KESEHATAN MEDIKA PERSADA BALI
  28 June 2016 - Dibaca 643 kali
  Oleh Administrator

Program studi Psikologi Jenjang Strata 1 Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali (IIK Bali) mengadakan workshop penyusunan kurikulum pada hari Sabtu 11 Juni 2016 di kampus IIK Bali jalan Tantular Barat No 9 Renon Denpasar. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk merancang Kurikulum Pendidikan Strata 1 Psikologi IIK Bali, khususnya untuk merumuskan warna (ciri khas) Psikologi Komunitas yang menjadi ciri Program studi psikologi  IIK Bali.  Workshop internal Psikologi dibuka oleh Rektor IIK Bali Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) sekaligus memberikan sambutan tentang pentingnya kurikulum guna tercapainya kualitas lulusan yang diharapkan .

Narasumber yang hadir berasal dari tim penyusun kurikulum Psikologi Universitas Udayana yang berjumlah 5 orang, diantaranya: (1). Dra. Adijanti Marheni., M.Si., Psi (bidang Pendidikan dan Perkembangan), (2). Komang Rahayu Indrawati, S.Psi., M.Psi, Psi. (bidang Industri dan Organisasi), (3). Made Diah Lestari, S.Psi., M.Psi., Psi (bidang Klinis), (4). Yohannes Kartika Herdiyanto, S.Psi., M.A (bidang Komunitas) dan (5). Dr. Made Swasti Wulanyani, S.Psi., M.Erg., Psi (tim pembina kurikulum Psikologi Universitas Udayana).

Materi yang dibahas pada workshop ini meliputi penyusunan Scientific Vision, profil lulusan, capaiam pembelajaran dan bahan kajian. Workshop tersebut menghasilkan beberapa hal sebagai berikut: (1). Konsep Program Studi IIK Bali mengacu pada Psikologi Komunitas, yaitu cabang ilmu Psikologi yang turut mengintegrasikan pengaruh-pengaruh sosial, kultural, ekonomi, politik, lingkungan dalam rangka promosi perubahan positif, kesehatan mental dan pemberdayaan pada level individual dan sistemik. (2) Paradigma Program Studi IIK Bali berlandaskan prinsip sistem ekologi, yakni menekankan pada hubungan saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan yang diidentifikasi dari 5 level sistem: individu, microsystem, mesosistem, eksosistem, makrosistem. (3). Aplikasi atau penerapan ilmu dalam bentuk teori akan digunakan untuk menangani permasalahan kesehatan mental dan sosial yang dikembangkan melalui prevensi, intervensi dan riset dengan setting mencakup individu, kelompok, dan masyarakat.

Seiring dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat, maka pertumbuhan kesempatan kerja di era globalisasi saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat keahlian yang tinggi. Permintaan pasar kerja yang semakin besar terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas dan berkopetensi dengan tingkat keahlian yang tinggi merupakan suatu tantangan bagi perguruan tinggi untuk dapat menghasilkan sarjana profesional serta memiliki potensi dan kompetensi berkeahlian tinggi, agar mampu mengisi peluang kerja yang tersedia, sehingga lulusan perguruan tinggi dapat terserap di pasaran kerja dan tidak menambah pengangguran. Dalam kaitan ini pembukaan Program Studi Psikologi IIK Bali dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dibidang Perancang, Pengembang dan Pelaksana program prevensi dan intervensi masalah kesehatan mental komunitas, Perancang dan Pelaksana Monitoring dan evaluasi program kesehatan mental komunitas, Asisten terapis dan konselor kelompok, dan Perancang sarana multimedia promosi kesehatan mental komunitas.  Ahli psikologi diperlukan terutama dalam mengefisienkan dan mengefektifkan implementasi program-program pembangunan dan pemecahan-pemecahan praktis permasalahan di masyarakat secara luas. 

Untuk mendukung profil lulusan S1 Program Studi Psikologi IIK Bali para dosen telah menyusun Capaian pembelajaran dan bahan kajian yang disusun oleh masing-masing dosen yang bertanggung jawab untuk kesiapan perkuliaha yang akan dimulai per 20 September 2016. (Red. Prisa J).